Kamis, 15 Desember 2011

Contoh Laporan Pratikum Biokimia (Enzim)


LAPORAN PRAKTIKUM
BIOKIMIA II
PERCOBAAN II
ENZIM
OLEH :
CHOI RUDDIN
007 014 0149
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA
JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN IPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS CENDERAWASIH
JAYAPURA
2010

LAPORAN PRAKTIKUM
PERCOBAAN II
ENZIM

A. TINJAUAN TEORI
Enzim adalah biomolekul  berupa protein  yang berfungsi sebagai katalis  (senyawa yang mempercepat proses reaksi tanpa habis bereaksi) dalam suatu reaksi kimia .Molekul  awal yang disebut substrat  akan dipercepat perubahannya menjadi molekul lain yang disebut produk. Jenis produk yang akan dihasilkan bergantung pada suatu kondisi/zat, yang disebut promoter . Semua proses biologis sel memerlukan enzim agar dapat berlangsung dengan cukup cepat dalam suatu arahlintasan metabolisme  yang ditentukan oleh hormon  sebagai promoter.
Enzim bekerja dengan cara bereaksi dengan molekul substrat untuk menghasilkan senyawa turunan  melalui suatu reaksi kimia organik yang membutuhkan energi aktivasi  lebih rendah, sehingga percepatan reaksi kimia terjadi karena reaksi kimia dengan energi aktivasi lebih tinggi membutuhkan waktu lebih lama.
Sebagian besar enzim bekerja secara khas, yang artinya setiap jenis enzim hanya dapat bekerja pada satu macam senyawa  atau reaksi kimia . Hal ini disebabkan perbedaan struktur kimia  tiap enzim yang bersifat tetap. Sebagai contoh, enzim α-amilase  hanya dapat digunakan pada proses perombakan pati  menjadi glukosa .
Kerja enzim dipengaruhi oleh beberapa faktor, terutama adalah substrat , suhu ,keasaman , kofaktor  dan inhibitor . Tiap enzim memerlukan suhu dan pH  (tingkat keasaman) optimum yang berbeda-beda karena enzim adalah protein , yang dapat mengalami perubahan bentuk jika suhu dan keasaman berubah. Di luar suhu atau pH yang sesuai, enzim tidak dapat bekerja secara optimal  atau strukturnya akan mengalami kerusakan. Hal ini akan menyebabkan enzim kehilangan fungsinya sama sekali. Kerja enzim juga dipengaruhi oleh molekul lain. Inhibitor  adalah molekul yang menurunkan aktivitas enzim, sedangkan aktivator  adalah yang meningkatkan aktivitas enzim.
Konsentrasi enzim juga mempengaruhi kecepatan reaksi. Semakin besar konsentrasi enzim semakin cepat pula reaksi yang berlangsung. Dengan kata lain, konsentrasi enzim berbanding lurus dengan kecepatan reaksi. Sisi aktif suatu enzim dapat digunakan berulang kali oleh banyak substrat. Substrat yang berikatan dengan sisi aktif enzim akan membentuk produk. Pelepasan produk menyebabkan sisi aktif enzim bebas untuk berikatan dengan substrat lainnya. Oleh karenanya dibutuhkan sejumlah kecil enzim untuk mengkatalis sejumlah besar substrat.
Bila jumlah enzim dalam keadaan tetap, kecepatan reaksi akan meningkat dengan adanya peningkatan konsentrasi substrat. Namun, pada saat sisi aktif semua enzim bekerja,penambahan substrat tidak dapat meningkatkan kecepatan reaksi enzim lebih lanjut. Kondisi ini disebut konsentrasi substrat pada titik jenuh atau disebut dengan kecepatan reaksi telah mencapai maksimum (V max). banyaknya molekul substrat yang dapat diubah menjadi produk oleh suatu molekul enzim selama satu menit lihat table dibawah ini.
Jumlah pergantian substrat pada enzim.






B. PROSEDUR KERJA
1. Alat
·         Tabung Reaksi dan Rak
·         Pipet Tetes
·         Hot Plate
·         Pipet Ukur
·         Gelas Ukur
·         Penjepit Tabung

2. Bahan
·         Larutan Amilum
·         Enzim Amilase (ludah)
·         Larutan Iodium
·         Pereaksi Benedict

3. Gambar Alat Utama

Tabung Reaksi dan Rak

Pipet Tetes



C. HASIL PENGAMATAN
-        Pengaruh Konsentrasi Enzim terhadap Perombakan suatu Substrat
Tabung
Konsentrasi Substrat
Konsentrasi Enzim
Perubahan Warna
Uji Iodium
Uji Benedict
I
Amilum
2 mL
Amilase
0,5 mL
Warna yang semula putih keruh menjad kuning kecoklatan, ada endapan coklat.
Warna coklat muda
II
Amilum
2 mL
Amilase
1,0 mL
Warna kuning muda, endapan coklat
Warna coklat kuning
III
Amilum
2 mL
Amilase
1,5 mL
Warna kuning lebih tua dan endapan coklat
Warna coklat tua, kental.





-        Pengaruh Konsentrasi Substrat terhadap Aktivitas Enzim
Tabung
Konsentrasi Substrat
Konsentrasi Enzim
Perubahan Warna
Uji Iodium
Uji Benedict
I
Amilum
1 mL
Amilase
1,0 mL
Warna awal putih keruh menjadi coklat muda
Larutan menjadi warna hijau kekuningan
II
Amilum
2 mL
Amilase
1,0 mL
Endapan putih yang terbentuk menjadi bintik2 hitam
Larutan berwarna coklat kehijauan
III
Amilum
4 mL
Amilase
1,0 mL
Warna menjadi coklat tua dan sedikit endapan
Larutan berwarna coklat muda
IV
Amilum
6 mL
Amilase
1,0 mL
Warna menjadi coklat tua dan lebih banyak endapan
Larutan berwarna merah bata



D. PEMBAHASAN
Reaksi enzimatis merupakan suatu reaksi dengan menggunakan penambahan katalis enzim. Enzim berfungsi untuk mempercepat suatu reaksi kimia organik. Salah satu faktor yang mempengaruhi kerja dari enzim adalah konsentrasi, yaitu baik dari konsentrasi enzim itu sendiri maupun dari  konsentrasi substrat.
Berdasarkan data hasil percobaan pada pengaruh konsentrasi enzim terhadap perombakan suatu substrat. Diketahui bahwa semakin besar konsentrasi enzim yang ditambahkan menunjukkan warna yang berbeda pada setiap tabung. Pada uji warna dengan menggunakan metode uji iodium yaitu Identifikasi warna dari tabung pertama sampai ketiga yaitu kuning kecoklatan, coklat muda, dan coklat tua. Sedangkan pada uji benedict menunjukkan bahwa terbentuk endapan dengan warna endapan yang berbeda dari tabung satu sampai tabung tiga, yaitu endapan coklat muda, coklat kuning, dan coklat tua. Jadi, dapat dijelaskan bahwa; Pada konsentrasi substrat tertentu, bertambahnya konsentrasi enzim secara bertingkat menaikkan kecepatan reaksi enzimatis. Dengan kata lain, semakin besar volume atau konsentrasi enzim, semakin tinggi pula aktivitas enzim dalam memecah substrat yang dikatalisis.
Pada percobaan uji pengaruh konsentrasi substrat terhadap aktivitas enzim, dengan uji iodium kurang memberikan warna yang jelas pada masing-masing tabung. Karena pereaksianya dengan menggunakan plat tetes. Sedangka pada uji benedict perbedaan adanya endapan dan warna yang diberikan cukup memberikan gambaran yang jelas yaitu dari tabung pertama sampai yang keempat endapan yang terbentuk berturut-turut yaitu endapan berwarna hijau, coklat kehijauan, coklat muda, dan merah bata. Dari hasil percobaan tersebut penambahan substrat dengan konsentrasi berbeda pada konsentrasi enzim yang sama masih menunjukkan aktivitas enzim yang normal. Sedangkan Pada literatur Bila jumlah enzim dalam keadaan tetap, kecepatan reaksi akan meningkat dengan adanya peningkatan konsentrasi substrat. Namun, pada saat sisi aktif semua enzim bekerja,penambahan substrat tidak dapat meningkatkan kecepatan reaksi enzim lebih lanjut. Kondisi ini disebut konsentrasi substrat pada titik jenuh atau disebut dengan kecepatan reaksi telah mencapai maksimum (V max).


E. SIMPULAN
Bertambahnya konsentrasi enzim secara bertingkat menaikkan kecepatan reaksi enzimatis. Dengan kata lain, semakin besar volume atau konsentrasi enzim, semakin tinggi pula aktivitas enzim dalam memecah substrat yang dikatalisis.
Bila jumlah enzim dalam keadaan tetap, kecepatan reaksi akan meningkat dengan adanya peningkatan konsentrasi substrat. Namun, pada saat sisi aktif semua enzim bekerja, penambahan substrat tidak dapat meningkatkan kecepatan reaksi enzim lebih lanjut. Kondisi ini disebut konsentrasi substrat pada titik jenuh atau disebut dengan kecepatan reaksi telah mencapai maksimum (V max).

F. REKOMENDASI
Penelitian ini menambah pengetahuan praktikan bahwa saliva merupakan suatu enzim. Dan enzim dapat mengkatalisis karbohidrat menjadi glukosa.

G. JAWABAN PERTANYAAN
1.      Aktifitas enzim optimal pada konsentrasi (volume) enzim 1,5 mL. Karena bertambahnya konsentrasi enzim akan menjadikan aktivitas enzim dalam memecah substrat yang dikatalisis akan bertambah pula.
2.      Aktifitas enzim optimal pada konsentrasi (volume) substrat 6 mL. Karena  semakin tinggi konsentrasi substrat, maka aktifitas enzim semakin meningkat.


H. REFERENSI

Ngili, Yohanes. 2010. Buku Penuntun Praktikum Biokimia. Jayapura : Universitas Cenderawasih.
Moko. PENGARUH KONSENTRASI SUBSTRAT TERHADAP AKTIVITA ENZIM/ PENETAPAN NILAI KM dan Vmaks C2 AB/Apt.htm. (09-10-10)
Panduan Praktikum Biokimia II, Program Studi Pendidikan Kimia : UNCEN


Wikipedia bahasa indonesia/Enzim.htm (09-10-10)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar